Film; Rekam Skena 2; Banyumasan (Omnibus dokumenter musik Indonesia) | 2023

pehagengsi

Sinopsis

Rekam Skena #2 menggandeng komunitas lokal di wilayah eks Karesidenan Banyumasan, Jawa Tengah, yaitu Hellofriends (Purbalingga), Kolektif Pancaroba (Banjarnegara), Kolektif Barokah (Cilacap), dan Heartcorner (Purwokerto). Hasilnya adalah empat film dokumenter yang begitu kuat mengeluarkan semangat lokalitasnya.


Poster


Festival Statement

Keempat film in imenghadirkan cerita yang dekat, tapi masih memberikan ruang besar bagi keingintahuan dan penasaran. Sepanjang proses produksi Rekam Skena 2 ini banyak banget temuan-temuan dan ilmu pengetahuan baru yang didapat dari eks Karesidenan Banyumasan ini. Dari sini kita bisa sedikit terbaca bagaimana posisi dan penggunaan bahasa/aksen/logat “ngapak” di kalangan anak muda skena hari ini.


Sementara, dalam kontestasi kebudayaan populer anak muda, hari ini tidak jauh beda seperti di peta politik pada zaman Kolonial Belanda. Dimana anak-anak muda ‘Karesidenan Banyumasan’ terhimpit oleh dua kekuatan besar. Di barat ada ‘VOC’ yang berkuasa secara ekonomi dan politik yang berlokasi di ‘Batavia’ dan ‘Paris Van Java’, sementara di timur ada ‘Kesultanan Mataram’ yang selalu kalah ketika ingin menyerang Batavia.


Bacaan dan analisa “mentah” di atas tentunya perlu diverifikasi lebih dalam lagi. Saksikan Rekam Skena 2; Banyumasan, omnibus dokumenter musik Indonesia yang diproduksi oleh kolektif lokal, bakal diputar di ruang-ruang kolektif. (*) *Oleh: Kiki Pea (Program Director Rekam Skena)


Behind the Scene

JUDUL: Rekam Skena 2; Banyumasan (Tidak Ada Party di Kabupaten Ini, Daya Bara, Ruang Kami; Soetedja, Blocked City; Independensi di Tengah Kota Industri)
PEMBUAT: Kolektif Pancaroba, Kolektif Heartcorner, Kolektif Hellofriends, Kolektif Barokah 
DURASI: 74 menit 14 detik
GENRE: Dokumenter
BAHASA: Indonesia
RUMAH PRODUKSI: Cherrypop Festival (https://cherrypop.id/)
TAHUN: 2023

Teaser

Date

Yogyakarta – Cherrypop Festival 2023 – 19-20 Agust 2023 

Surakarta - Lokananta Bloc - 23 Okt 2023

Yogyakarta - Jogja-NETPAC Asian Film Festival - 26 Nov 2023


Press

Aftermovie - Release Party

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)