PEHAGENGSTER; TUR DALAM NEGERI


Tentang Pehagester; Tur dalam Negeri

Pehagengsi mengajak teman-teman untuk sama-sama belajar mandiri dengan bekerjasama untuk keberlanjutan sinema. Setelah sukses menggelar Pehagengster pada bulan film nasional tahun 2022 di 11 kota (12 layar). Pehagengsi membuat program lanjutan dengan tajuk Pehagengster; Tur Dalam Negeri. Mari bersama-sama memperpanjang energi ini hingga tuhan tak berkenan.


Metode yang ditawarkan

Setiap kelompok putar wajip memutar 1 film pendek komunitas setempat dan 2 film pendek kami (1 film terbaru dan 1 film lama) dengan metode saweran paska pemutaran untuk kemudian dibagi dengan presentase 40% (Pehagengsi) dan 60% (Pemutar/Penyelenggara). 60% bagian dari pemutar/pengelenggara itu akan dibagi 2 secara adil dengan calon pemutar selanjutnya yg ditunjuk oleh pemutar sebelumnya. Diharapkan metode ini bisa diujicobakan untuk mengurai soal antara modal sosial dan kapital guna keberlanjutan aktifitas sinema yang paling dasar, komunitas. Link karya (presskit film, poster, still photo, dll) film-film Pehagengsi bisa kalian akses di sini.


Ketentuan

  1. Eksibitor dibebaskan untuk menentukan bentuk kegiatannya sendiri; pemutaran indoor/outdoor, hanya kegiatan nonton bersama (nobar) atau dengan kegiatan penyerta (misalnya diskusi), untuk peserta umum atau hanya untuk kelompok tertentu, dll.

  2. Eksibitor diperkenankan mencari sponsor atau membuat aktivasi seperti bazar, live sablon, dll.

  3. Eksibitor menyiapkan kelompok (lingkup Indonesia) yang akan melanjutkan pemutaran

  4. Materi film akan diberikan dalam bentuk file digital melalui link drive yang akan dikirim pada hari H-1. Materi ini HANYA untuk  digunakan pada tanggal dan waktu yang telah disepakati.

  5. Siapkan waktu yang cukup dalam mengadakan kegiatan. Sebaiknya bentuk, jadwal, dan tempat kegiatan sudah dipastikan selambatnya dua minggu sebelum pelaksanaan; agar masih ada cukup waktu untuk publikasi acara.

  6. Jika eksibitor ingin mengundang narasumber dari pihak Pehagengsi diwajibkan memberi akomodasi (transportasi, penginapan dan konsumsi).


Syarat

  1. Bertanggung jawab penuh atas penyediaan ruang serta kelengkapan alat penayangan film (proyektor, layar, sound system, dll)

  2. Wajib menjaga kerahasiaan dan keamanan materi film agar tidak digandakan atau jatuh kepada pihak yang tidak bertanggungjawab.

  3. Bersedia berkoordinasi dengan perwakilan Pehagengsi selama tahap persiapan dan pelaksanaan kegiatan, serta memastikan bahwa kegiatan berjalan dengan baik.

  4. Bersedia membagikan foto dokumentasi kegiatan dan data penonton (jumlah, email, komunitas). Jika melangsungkan sesi diskusi dengan atau tanpa Pehagengsi wajib mengunggah hasilnya ke plafrom audio/video penyelenggara sebagai dokumentasi/arsip zaman.

  5. Menyiapkan materi publikasi cetak dan digital untuk keperluan kegiatan (pengumuman acara, undangan peserta, poster, dll) hanya diperkenankan diolah secara mandiri dengan menggunakan materi publikasi (teks dan foto) yang disediakan oleh Pehagengsi. Link materi akan diberikan setelah mengisi form

  6. Materi publikasi wajib menyertakan logo Pehagengsi dan credit/caption tambahan “Acara ini bagian dari Pehagengster; Tur dalam Negeri”


Jika kelompok/komunitas/kolektif/organisasi/institusi Anda tertarik dan berninat untuk kolaborasi dengan Pehagengsi dalam program Pehagengster; Tur dalam Negeri dengan ketentuan serta bersedia memenuhi syarat-syaratnya, silakan mengisi Formulir Kesediaan Penyelenggara yang bisa diunduh di sini dan mengirimkannya ke pehagengsi@gmail.com dengan tajuk (subject) Pehagengster (nama kota); (Nama Kelompok Anda)


Jika ada pertanyaan atau membutuhkan informasi lain seputar program ini, silakan menulis email juga ke pehagengsi@gmail.com / WA 08132 884 5775. Jangan lupa untuk dukung program-program kami dengan membeli bingkisan resmi kami di sini. Terima kasih


*Image oleh: Farhan Yodha Prawiro

Comments