Skip to main content

SEKEJAP, MANTAP! (Video Music Workshop Pehagengsi X FKY 30)

SEKEJAP, MANTAP!

Ide sederhana workshop ini adalah memaksimalkan kemampuan yang sudah ada dari berbagai latar belakang peserta yang random namun tertarik dengan audio visual khususnya video music dengan pola, waktu, dan tempat yang terbatas. Mengundang 2 fasilitator, Alan Mahirma Lars (fashion film) & Anggun Priambodo (video music) sebagai pemantik workshop, diharapkan dapat terjadi silang-saling atau bertukar pengetahuan dan pengalaman visual selama workshop berlangsung. Dari sisi musik, Pehagengsi sebagai pendamping workshop ini bekerja sama dengan kelompok musik asal Yogyakarta, yaitu WLA yang dengan antusiasnya melihat gagasan ditawarkan di atas. Pehagengsi kemudian memilih lagu “Yakin?” Dari WLA untuk workshop ini. Berikut video hasil workshopnya:



Pada workshop ini peserta dibagi menjadi 6 kelompok di 2 sesi workshop. Perkelompok diberikan 54 detik dari lagu “Yakin?” untuk dikerjakan diakhir workshop. Semua hasil video masing-masing kelompok digabungkan menjadi 1 video musik utuh. Durasi total pengerjaan memakan waktu 6 hari.

Total ada 27 peserta dari dalam dan luar Yogyakarta yang mengikuti dua kali sesi workshop yang berlangsung selama acara FKY 30 dilaksanakan. Sesi 1 workshop bersama Alan Mahirma Lars yang lebih bermain-main dengan bentuk & beat music. Sesi 2 bersama Anggun Priambodo lebih kepada bagaimana gagasan video music itu direalisasikan. Hal yang paling menarik adalah pertukaran pola produksi pengetahuan dari masing-masing peserta yang terbagi menjadi 6 kelompok beserta kejutan-kejutan visual yang dihasilkan oleh masing-masing kelompok video. Kemudian video-video tadi dirangkai menjadi 1 video musik utuh.
Behind the scene foto: click
Dengan kesempatan bekerja bersama di workshop musik video FKY 30 kali ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang jenis/pola produksi pengetahuan audio visual yang sudah ada selama ini. Selain menyelenggarakan bersama dengan FKY 30, Pehagengsi juga didukung oleh Indonesian Visual Art Archive dan Krack! Studio. Acara ini dipandu oleh Kikiretake & Fay Syahaniya. Selamat menyaksikan…
__
Pehagengsi adalah supergrup dengan kemampuan yang 'terbatas', meyakini bahwa produksi pengetahuan adalah kunci utama. Visual-Audio salah satu disiplinnya dan Alter Native adalah semangatnya. Siyuder….

PEHAGENGSI; Alter Native

#Pehagengsi #MusicVideo #FKY30 #Mesemeleh #SekejapMantap

Comments

Popular posts from this blog

PEHAGENGSI DI GOPLAY (INDIE)

PEHAGENGSI AKAN HADIR DI GOPLAY INDIE Beragam layanan Video on Demand (VOD) seperti Netflix, Iflix, Vidio, Klikfilm, Maxtreem, dan layanan streaming film lainnya menjadi alternatif ruang menonton saat ini. Terlebih semenjak pandemi covid 19 yang datang menghentikan seluruh kegiatan perekonomian termasuk industri film di dalamnya.  Fourcolours Films bekerjasama dengan Goplay meluncurkan Goplay Indie. Pehagengsi mendapatkan kesempatan untuk ikut menjadi bagian perkembangan industri masa kini melalui salah satu layanan streaming OTT GOPLAY Indie dengan 3 karya film pendeknya.

PROFILE USD (Universitas Sanata Dharma) - A Trippy USD Video

STILL PHOTO IDEA Joyfull at Universitas Sanata Dharma

RUMAH BITHA (Short Movie)

STILL PHOTO SINOPSIS Sebuah keluarga kecil yang diangankan bahagia dan harmonis oleh Atha dengan membangun kembali hubungan bersama Obit yang berprofesi sebagai musisi, ayah bagi anak perempuannya: Bethany Swaracinta/Bitha yang berusia delapan tahun. Suatu hari, ibunya Atha   tak disangka berkunjung ke rumah dan menyentuh hal yang tidak sederhana yang selama ini disimpan rapi oleh Atha.